Resep Dendeng Balado Daging Sapi Lezat Bikin Ketagihan

Resep Dendeng Balado Daging Sapi Lezat Bikin Ketagihan - Dendeng balado adalah masakan berbahan dasar daging sapi yang diiris tipis-tipis dengan proses penggorengan hingga garing dan dicampur dengan tumisan bumbu sedap lezat tanpa campuran santan. Sajian masakan dendeng balado ini paling pas sekali disajikan untuk anda yang tidak begitu menyukai masakan dengan campuran santan ataupun kuah santan. 

Resep Sayur Lodeh Sederhana Lezat Menggugah Selera

Tekstur yang renyah pada dendeng balado ini dihasilkan dari tahapan proses awal sebelum dimasak yaitu daging terlebih dahulu direbus hingga daging setengah matang barulah setelahnya diiris tipis-tipis dan digoreng dalam genangan minyak panas namun tetap dimasak dengan api sedang hingga masakan garing.

dendeng balado


Meskipun sering dijadikan menu makanan spesial di saat lebaran, dendeng balado lebih pas disantap bersama dengan nasi putih hangat ketimbang dengan lontong ataupun ketupat. Bagi anda yang ingin menyuguhkan masakan dendeng balado ini untuk keluarga di rumah, anda dapat memasaknya dengan mengikuti langkah-langkah penyajian dendeng balado dari resep dendeng balado lezat seperti berikut ini :

Bahan-bahan Dendeng Balado :
  • Daging sapi (tanpa lemak), 1 kg
  • Air jeruk nipis, 2 sdm
  • Garam dapur, 1 sdt
  • Minyak (untuk menggoreng) secukupnya
Bumbu Dendeng Balado
  • Cabe merah besa (belah dua, buang isinya), 2 buah
  • Bawang merah (iris halus), 8 buah
  • Air jeruk nipis, 2 sdm
  • Minyak (untuk menumis), 2 sdm
  • Daun jeruk, 3 lembar
  • Garam dapur
Cara Membuat Dendeng Balado
  1. Lumuri daging sapi dengan perasan air jeruk nipis dan garam dapur, pijat-pijat lalu biarkan selama setengah jam lamanya agar meresap.
  2. Didihkan air lalu tambahkan dengan daging. Masakh hingga setengah matang lalu angkat dan biarkan dingin (masukkan ke dalam lemari pendingin) hingga setengah jam lamanya.
  3. Setelah itu, ambil daging dan iris tipis.
  4. Selanjutnya goreng daging yang sudah diiris tipis dalam genangan minyak goreng panas hingga matang dan garing. Lalu angkat dan tiriskan.
  5. Berikutnya tumis bawang merah dengan 10 sdm minyak panas, tambahkan cabe merah, daun serta air jeruk dan garam dapur, aduk merata. Kemudian tambahkan kembali tumisan dengan daging yang sudah digoreng garing tadi, aduk hingga tercampur rata. Angkat dan sajikan.
Nah, selesai sudah memasak dendeng balado dengan sajian resep dendeng balado lezat. Bahan-bahan masakan di atas dapat dihidangkan hingga 10 porsi dan untuk jumlah porsi yang lebih banyak lagi, tambahkan bahan-bahan masakan sesuai kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Resep Dendeng Balado Daging Sapi Lezat Bikin Ketagihan"

Posting Komentar